Sunday 14 June 2020

Apa yang mungkin kamu temukan di pohon asam jawa?


Seperti kita tahu terjadi interaksi antar makhluk hidup. Begitu pula tumbuhan dengan makhluk hidup sekitarnya. Tumbuhan bisa menjadi tempat hidup bagi makhluk hidup lain, bahkan bisa menjadi host plant (tumbuhan inang) bagi serangga.

Serangga melakukan metamorfosis atau siklus hidup. Untuk melakukan siklus hidupnya ini serangga membutuhkan nutrisi. Beberapa serangga mendapatkan nutrisi dengan memakan bagian tumbuhan seperti daun.

Kali ini kami akan membagikan hasil observasi yang kami temukan di pohon asam jawa (Tamarindus indica). 

Pertama terlihat adanya ulat hijau berwarna hijau. Kepalanya besar dengan wajah yang datar dan empat hiasan kepala yang berbentuk seperti mahkota yang cantik atau bahkan terlihat seperti kepala naga. Sehingga ia dikenal juga sebagai The Dragon Head Catepillar atau Si Ulat Berkepala Naga. Ulat ini aktif pada malam hari dan pada siang hari akan cenderung diam di atas 'tempat tidur daunnya'. Saat aktif bergerak, ulatnya akan berjalan maju mundur. Seringkali karena kecantikannya ini ulat ini  dijadikan untuk objek fotografi terutama untuk makro fotografi. 


Selanjutnya adapula ulat akan menjadi kepompong disebut prepupa. Ulat melekat ujung abdomen pada ranting dan menarik kepalanya ke arah ujung abdomen seperti ini.


Ditemukan juga kepompong/pupanya. Sekilas kepompongnya ini mirip sekali dengan buah. Ditambah lagi, kepompongnya menempel dan menggantung secara sempurna di ranting pohon asam jawa. Berwarna hijau dengan garis-garis putih. 


Pada observasi kali ini terlihat pula kupu-kupu yang baru saja menetas dari kepompongnya. Sayap belakangnya berwarna (sisi ventral) berwarna coklat dengan hiasan berupa tanda berwana hijau-kekuningan membentang dari sayap atas (forewings) hingga sayap bawah (hindwings). Bagian atas (dorsal) berwarna coklat kehitam dengan hiasan kuning yang juga menyambung diantara sayap atas dan bawah. 


Semua serangga yang ditemukan pada asam jawa ini adalah Polyutra athamas. Dalam pohon Asam Jawa tersebut ditemukan beberapa individu Polyura athamas pada fase-fase yang berbeda, kecuali fase telur tidak ditemukan.
        
Scientific Name
Polyura athamas
Common Name
Common Nawab
ID Naturalist
36847232
Location
Sumedang, West Java
Gear
Real me + Marco lens
Classification
Class
Insecta
Order
Lepidoptrea
Family
Nymphalidae
Genus
Polyura 
Species 
P. athamas

Jika teman-teman ingin mengehatui proses observasi kami teman-teman bisa check video ini.


            
Terimakasih^^

2 comments:

  1. Wah niat ya kalau sudah meneliti, sampai dia berubah sempurna metafosisnya.
    Jujur sih saya sendiri benci dengan serangga... Tapi kalau lihat kaya begini indah juga ternyata, kalau nemuin sendiri mah bikin geli-geli disko

    ReplyDelete
  2. Teh Fitri, postingan ini mah saya banget.
    Mangga mampir ke: https://www.serbaserbihama.com/

    ReplyDelete

Apa yang mungkin kamu temukan di pohon asam jawa?

Seperti kita tahu terjadi interaksi antar makhluk hidup. Begitu pula tumbuhan dengan makhluk hidup sekitarnya. Tumbuhan bisa menjadi tempat ...